Rabu, 27 Maret 2019

Perusahaan Menggunakan Sistem Informasi Standar International


PT.SIDOMUCUL
PT.Sido Muncul  adalah pabrik jamu berstandar farmasi, karena telah menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).Secara pasti PT. Sido muncul bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang jamu yang benar dan baik.Tekad ini membuat perusahaan menjadi lebih berkonsentrasi dan inovatif. Disamping itu diikuti dengan pemilihan serta penggunaan bahan baku yang benar, baik mengenai jenis, jumlah maupun kualitasnya akan menghasilkan jamu yang baik.
          PT.Sidomuncul dengan sertifikat ini yang di berikan oleh pemerintah dapat ditempatkan sejajar dengan industri farmasi.  Sertifikat ini pula yang membuat PT.Sidomuncul Tbk menjadi satu-satunya perusahaan jamu berstandar farmasi.Keberhasilan suatu perusahaan tidak terlepas dari kebijakan strategi dalam memasarkan produknya kepada konsumen.Dalam hal ini keunggulan PT.Sido muncul Tbk dalam bersaing sangat diperlukan untuk terus dapat bertahan hidup ( survive ).
Berbagai cara serta strategi telah dilakukan guna menghadapi tantangan, persaingan yang dikembangkan oleh manajer pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan dalam menghadapi persaingan dalam bidang pemasaran sekarang ini. Pemasaran dalam PT.Sido muncul Tbk merupakan salah satu faktor yang penting guna memberikan kontribusi bagi perusahaan yang berorientasi pada profit, sebab kegagalan dalam memasarkan barang akan berakibat fatal, keuntungan yang diharapkan tidak akan tercapai. Hal ini mengakibatkan PT.Sido muncul Tbk akan terancam mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya kebangkrutan maka, dalam memasarkan sebuah produk perusahaan perlu mencermati bau ran pemasaran( marketing mix ) yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Keempat unsur tersebut saling berhubungan erat antara satu dengan lainnya.Sehingga manajemen tidak boleh hanya menekankan pada salah satu unsur saja apabila ingin meningkatkan volume penjualan.
Kotler(2012)mendefinisikan bahwa“ bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran . Perusahaan PT. Sido muncul Tbk melakukan strategi kegiatan marketing mix untuk mencapai penjualan yang diinginkan.

Dalam sebuah perusahaan untuk mencapai kesuksesan tidak luput dari kegiatan pemasaran yang sangat menunjang keberhasilan perusahaan. Fungsi utama perusahaan adalah melakukan bauran pemasaran. Bauran pemasaran (Marketing mix) merupakan seperangkat alat pemasaran taktis dan terkontrol yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran (Kotler and Keller,2012:56)
Bauran pemasaran bertujuan untuk menentukan target dari pangsa pasar yang telah di segmenkan dalam pemasaran produk yang kita tawarkan. Hal tersebut dilakukan agar pemasaran produk yang kita lakukan dapat lebih terorganisir agar membuahkan hasil sesuai ekspektasi yang telah di  ramalkan sebelumnya. PT Sidomuncul Tbk dalam memasarkan produknya tidak terlepas dari kegiatan pemasaran sebagai pokok untuk menganalisa, merencanakan, mengawasi kegiatan-kegiatan terhadap program-program yang telah di rencanakan berupa strategi atau kegiatan Segmenting,Targeting and Positioning.
Untuk menjalankan suatu usaha tentu perusahaan harus dapat menjual produknya tepat sasaran, maka dengan bauran pemasaran ini  perusahaan akan dapat lebih mengarahkan produknya dengan cara memilah-milah pasar sasaran agar produknya sampai kepada orang yang tepat menerimanya. Kegiatan bauran pemasaran ini juga sangat penting untuk mempengaruhi para caln pembeli dengan menggunakan tagline-tagline yang menarik, agar produk tersebut dapat melekat erat pada benak konsumen.
Untuk terus mempertahankan dan mengembangkan pasar serta konsumen yang telah ada, maka perusahaan perlu mengadakan berbagai evaluasi terhadap elemen kegiatan promosi yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelisesuai kebtuhannya.Strategi pemasaran adalah rencana untuk memilih dan menganalisis target pasar, mengembangkan, dan memelihara bauran pemasaran yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen ( Gugup Kismono, 2011:232).

1.     Service Strategy
Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan eksternal perusahaan tersebut diatas, maka kombinasi faktor-faktor tesebut akan menunjukan kinerja perusahaan,  kombinasi kedua faktor tersebut ditunjukan dalam hasil analisis SWOT sebagai berikut :
1.      Strategi SO
Strategi yang dapat mendukung SO (Strength &Opportunity) ialah dengan memanfaatkan kekuatan untuk merebut pasar sasaran dan mengoptimalkan peluang sebesar-besarnya.
Adapun Strategi SO yang dilakukan oleh PT Sidomuncul Tbk adalah sebagi berikut :
PT sidomuncul harus dapat mengoptimalkan peluang yang ada dimana obat- obtan telah menjadi barang konsumsi dengan mempertahankan produknya yang terjangkau guna untuk dapat menyerang pasar. Serta dengan dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen, bahwa produk sidomuncul telah dilakukan uji manfaat oleh Universitas lokal guna untuk dapat memberikan kepercayan yang lebih terhadap konsumen.
     Kepercayaan terhadap produk sido muncul oleh masyarakat dan pemerintah, serta didukung istilah back to nature, hal ini juga berpeluang untuk mengembangkan pasar yang lebih luas, PT Sido muncul harus dapat memaksimalkan kekuatannya dengan cara menggunakan produknya yang sudah dikenal dunia yaitu Tolak Angin untuk dapat mendorong penjualan produknya yang lain dipasar yang lebih besar, dengan menggunakan design produk yang praktis untuk menarik minat konsumen, melakukan berbagai inovasi untuk menambah tingkat penjualan,.
     Kekutan yang lain yang perlu dimanfaatkan untuk meminimalkan peluang ialah dengan menggunakan endorser yang sudah dikenal seperti ernest prakasa, chris jhon dan denada, agar dapat mencapai segmen pasar yang tepat, kemudian untuk memberikan kepercayaan kepada pasar sasaran yang lebih luas sidomuncul dapat memberikan penjelasan bagaimana pengelolaan proses limbah tersebut agar perusahaan mendapatkan image yang baik dimata para pelanggannya bukan hanya dari produknya, tapi juga dari segi tata kelola perusahaan.
     Dengan keanekaragaman hayati indonesia yang berlimpah juga akan menjadikan kekuatan bagi sidomuncul untuk dapat memperoleh bahan denhgan mudah
2. Strategi ST  (Strength & Treath)
        Strategi yang ditemouh perusahaan untuk menghadapi ancaman adalah dengan memaksimalkan kekuatan untuk menghadapi ancaman.
Adapun strategi ST yang dilakukan oleh PT Sidomuncul Tbk adalah sebagai berikut :
Strategi dengan menggunakan semua kekuatan untuk dapat mengalahkan para pesaing, dengan cara memanfaatkan semua keunggulan yang ada dalam perusahaan seperti kemasan yang praktis, inovasi produk dan mengoptimalkan brand yang sudah dikenal dan lain-lain.
3.Strategi WO (weakness – Opportunity)
                  Strategi ini berusaha  agar perusahaan untuk dapat memanfaatkan peluang dengan cara meminimalkan kelemahaan, agar perusahaan dapat memaksimalkan peluang yang ada.
Adapun strategi WO yang dilakukan oleh PT Sidomuncul Tbk adalah sebagai berikut:
Sido muncul harus terus mengembangkan produknya, baik didalam ataupun diluar negeri dengan berbagai inovasi produk ataupun kemasannya, serta memberikan informasi yang lebih terhadap produk-produk sidomuncul yang belum dikenal oleh para konsumen, melalui promosi baik iklan atupun melalui web. Site.
   4. Strategi WT ( Weakness & Treath)
Strategi ini merupakan strategi yang kurang menguntungkan bagi perusahaan dimana perusahaan harus menghadapi berbagai ancaman dan kelemahaan perusahaan. Strategi WT  ini didasarkan pada kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.
Adapun strategi WT yang dilakukan oleh PT sidomuncul Tbk adalah sebagai berikut :
a.      Memberikan penjelasan penjelasan penggunaan pemakaian/ minum untuk meminimalisir kesalahpahaman pelanggan.
b.      Mencantumkan logo halal Mui dan mencantumkan nomor layanan pelanggan untuk mendengarkan kritik dan saran pelanggan.
c.       Meningkatkan informasi produk sidomuncul yang belum dikenal melalui iklan atau web site.
Berdasarakan hasil analisis SWOT PT Sidomuncul Tbk memiliki kekuatan yang dapat dipakai pada strategi tertentu serta memanfaatkan peluang yang tepat serta secara bersamaan meminimalkan atau menghindari kelemahan dan ancaman yang ada. Posisi ini sangat menguntungkan perusahaan dengan memperbaiki kondisi diatas rata-rata kemampuan sehinggah PT Sidomuncul Tbk dapat mengendalikan para pesaing yang ada maupun pesaing yang terbilang kuat.
2.     Design
          Kepercayaan terhadap produk sidomuncul oleh masyarakat dan pemerintah, serta didukung istilah back to nature, hal ini juga berpeluang untuk mengembangkan pasar yang lebih luas, PT Sidomuncul harus dapat memaksimalkan kekuatannya dengan cara menggunakan produknya yang sudah dikenal dunia yaitu Tolak Angin untuk dapat mendorong penjualan produknya yang lain dipasar yang lebih besar, dengan menggunakan design produk yang praktis untuk menarik minat konsumen, melakukan berbagai inovasi untuk menambah tingkat penjualan,.
     Kekutan yang lain yang perlu dimanfaatkan untuk meminimalkan peluang ialah dengan menggunakan endorser yang sudah dikenal seperti ernest prakasa, chris jhon dan denada, agar dapat mencapai segmen pasar yang tepat, kemudian untuk memberikan kepercayaan kepada pasar sasaran yang lebih luas sidomuncul dapat memberikan penjelasan bagaimana pengelolaan proses limbah tersebut agar perusahaan mendapatkan image yang baik dimata para pelanggannya bukan hanya dari produknya, tapi juga dari segi tata kelola perusahaan.
     Dengan keanekaragaman hayati indonesia yang berlimpah juga akan menjadikan kekuatan bagi sidomuncul untuk dapat memperoleh bahan denhgan mudah.
3.     Transition
     Prabik jamu Sido Muncul secara perlahan mulai diminai oleh maysyarakat sehingga pada tahun 1984 mendahkan tempat produksi jamu ke lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang supaya dapat mengakomodir permintaan yang masyarakat yang terus meningkatkan. Pada era tahun 1990an awal perusahaan jamu Sido Muncul mulai menggunakan peralatan mesin modern dalam memproduksi jamu. Pada dekade 1990an ini dimulailah produksi jamu secara modern dan pengelolaan perusahaan secara profesional. 

         Tahun 1997 Sido Muncul membangun pabrik baru di Klepu Ungaran dengan lahan seluas 29 ha. Pabrik baru diresmikan oleh menteri Kesehatan yang waktu itu dijabat oleh dr. Ahmad Sujudi pada tanggal 11 Nopember 2000. Pada saat peresmian pabrik, SidoMuncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.PT. Jamu Sido Muncul pada dekade tahun 2000an mulai mengembangkan produknya yang tidak hanya semata-mata jamu tradisional saja tetapi mulai merambah pada minuman berenerji seperti Kuku Bima, premen kesehatan Permen Tolak Angin dan lain untuk mendongkrak volume penjualan. Saat ini PT Jamu Sido Muncul menjadi perusahaan jamu tradisional yang kuat ditengah-tengah persaingan yang makin kuat karena di Indonesia sendiri begitu banyak perusahaan yang bergerak dibidang jamu tradisional seperti PT. Air Mancur yang juga memiliki posisi yang kuat, PT. Deltomed Laboratories, PT. Jamu Cap Nyonya Meneer, Jamu Jago dan lain lain.
4.     Service Operation
PT. Sido Muncul dalam memasarkan salah satu produknya yaitu Tolak Angin yang dimana kita semua tahu mengenai iklan-iklannya yang sering ditayangkan di Televisi, maupun spanduk atau banner dipinggiran jalan, atau setiap ada event pasti sering ada promosi mengenai produk Tolak Angin tersebut. Iklan dari produk Tolak Angin tersebut sangat dikenal dengan sebuah taglinenya Orang Pintar Minum Tolak Angin. Pesan yang ingin disampaikan dalam iklan tolak angin ini ingin mempengaruhi konsumen bahwa dalam memilih obat masuk angin perlu minum Tolak Angin. Tagline tersebut diperkuat dengan kombinasi orang-orang yang sukses seperti, Ronald Kasali seorang akademisi dan tokoh pemasaran, Lula Kamal, seorang artis dan dokter, Agnes Monica yang dikenal masyarakat sebagai artis muda yang memiliki bakat luar biasa dan memiliki prestasi akademik, dan lain sebagainya.

b.Sales  

Sales Promotion adalah segala kegiatan pemasaran selain personal selling, advertensi, dan publicity untuk merangsang pembelian barang perusahaan.
Promosi ini lebih fleksibel karena dapat dilakukan setiap saat dengan biaya yang tersedia, bersifat jangka pendek, dan bertujuan untuk mendorong lebih kuat serta mempercepat respons pasar yang ditargetkan. Promosi penjualan digunakan bertujuan untuk menjaring konsumen baru dan agar menciptakan penjualan yang meningkat dalam waktu dekat. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh PT. Sido Muncul dalam memasarkan produk Tolak Angin adalah dengan mengemas produk Jamu Tolak Angin tesebut menjadi sebuah permen Tolak Angin dalam satu paket. Keuntungan yang di dapat adalah Jamu Tolak Angin dapat terjual dan sekaligus mengenalkan produk baru PT. Sido Muncul.
Dan produk dari PT. Sido Muncul tersebut seringkali menjadi sposor utama Dalam beberapa event di televisi swasta nasional.
PT. Sido Muncul membangun kawasan Argowisata dengan lahan seluas 1,5 hektar dari lahan 7 hektar kawasan yang dimiliki oleh pabrik tersebut dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik. Pt. Jamu Sido Muncul memberikan akses yang seluas-luasnya untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke lingkungan pabrik. Dalam kunjungan tersbut terdapat kegiatan-kegiatan edukasi tentang jamu-jamuan dan tanaman herbal sehingga masyarakat dapat melihat kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan pabrik. Tentunya hal tesebut sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui manfaat tanaman herbal bagi kesehatan.Selain itu , PT.Sido Muncul juga sering mengadakan kegiatan Mudik Gratis setiap tahun. PT. Sido Muncul memfasilitasi para pemudik dengan memberikan pelayan angkutan gratis untuk pulang kampung. Kegiatan ini secara jangka pendek memang tidak terlalu nampak hasilnya tetapi dalam jangka panjang dapat membentuk loyalitas yang tinggi konsumen.

d.Direct Selling
Direct Selling adalah sebuah sistem marketing yang mengatur komunikasi dengan kostumer yang ditargetkan untuk memberikan respon atau transaksi. Direct Selling ini dapat dilakukan melalui telemarketing, email dan lain-lain. Kegiatan direct selling dalam hal produk Tolak angin ini tidak terlalu nampak atau terlihat dipermukaan tetapi strategi direct selling juga dilakukan oleh pihak Tolak Angin. Direct selling ini tidaklah langsung dilakukan kepada konsumen tetapi lebih banyak ditujukan kepada distributor sehingga distributor dapat menyalurkan produk Tolak Angin secara luas. Tentunya direct selling yang dilakukan dipadukan dengan program-program yang lain sepertinya insentif atau discount yang merupakan bagian dari sales promosi.
e.Personal Selling
Pemasaran secara personal selling mencakup penjualan melalui orang ke orang secara langsung. Kaitannya dengan pemasaran Tolak Angin tentunya sangat mempengaruhi volume penjualan. Personal selling Tolak Angin ini dilakukan oleh para penjual pedagang eceran di bus-bus atau yang sering keliling. Selain dilakukan oleh pedagang pengecer personal selling ini juga dipadukan dalam kegiatan marketing yang lain sebagai contoh pembukaan stan di suatu event seperti ketika Tolak Angin menjadi seponsor utama dalam acara Karnaval SCTV, PT Sido Muncul membuka stand yang melayani penjualan langsung dan melalui SPG yang mendatangi pengunjung acara dengan menawarkan produk Tolak Angin. Tentunya dalam kaca mata Integrated Communication Marketing pelaksanaan kegiatan pemasaran yang di atas kadang-kadang dilakukan secara bersama-sama. Seperti misalnya ketika Tolak Angin menjadi sponsorship suatu acar makaa di tempat tersebut dibuka stand untuk penjualan secara langsung, atau ketika direct marekting dilakukan maka pihak Sido Muncul akan memberikan diskount-discount atau insetif bagi para pengecer.
5.     Continual Service
Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat memicu globalisasi. Semua perusahaan dituntut untuk memenuhi standar Teknologi Informasi yang berlaku secara formal di tengah – tengah masyarakat. Kemajuan Teknologi Informasi menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, kemudahan serta kualitas yang ditawarkan oleh kemajuan Teknologi Informasi menjadi nilai plus di mata masyarakat.

Penerapan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis memberikan pengaruh terhadap perubahan dalam kebiasaan yang baru. PT Sido Muncul Tbk. dituntut untuk selalu siap menghadapi perubahan, hal ini karena tuntutan pasar yang berubah dari waktu ke waktu. Faktor Teknologi Informasi telah menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Dalam dunia bisnis, Teknologi Informasi dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang terjadi pada PT Sido Muncul Tbk.

Peran Teknologi Informasi dimanfaatkan PT Sido Muncul Tbk. seperti:
1.      e-commerce sebagai media perdagangan, jaringan www (http://www.sidomuncul.co.id/) yang memberikan pengetahuan serta sumber informasi tentang PT Sido Muncul Tbk. yang diperoleh dengan mudah dan cepat,

2.     e-dagang juga perlu teknologi basis data/database untuk menyimpan dokumen PT Sido Muncul Tbk. yang dilakukan secara digital dari dokumen pada server dan perangakat penyimpanan yang dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan terlepas dari lokasi geografis,

3.      e-surat/email sebagai sarana komunikasi antar karyawan, pemasok, dan pelanggan PT Sido Muncul Tbk.

4.      Sistem informasi manajemen, memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya, dan tingkat produktivitas. Informasi ini digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasikan bidang yang perlu perbaikan,


5.      Customer Relationship Management / call center, sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, keuntungan bagi perusahaan adalah meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.

6.      Aktivitas bisnis selama 24 jam, membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala aktivitas dibatasi ruang dan waktu,


7.      dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang dan alat – alat pembayaran.

Bisnis PT Sido Muncul Tbk. adalah bisnis disektor jamu, kemajuan dalam bidang Teknologi Informasi dimanfaatkan dan memberikan pengaruh dalam dunia bisnis. Dunia bisnis yang kompetitif dimana ada banyak persaingan untuk dapat berkembang. Diperlukan kreatifitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar mampu bersaing. Peningkatan kinerja juga dirasakan akibat adanya Teknologi. Komputer telah digunakan untuk mengontrol mesin – mesin produksi, misalnya CNC (Computer Numerical Control) pengawasan numeric/perhitungan, CAD (Computer Arded Design) untuk merancang bentuk sebuah produk yang akan dikeluarkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

Teknologi Skateboard Lexus Hoverboard Melayang Kelompok: Wahyu Banu Aji 1B118057 Toni Prabowo      1B118058 Heni Safi...