PERBADAAN DAN
PERSAMAAN BRM DAN SLM
Perbedaan
fokus antara BRM dan proses lainnya diilustrasikan oleh perbedaan antaraBRM dan
service level management (SLM). Kedua proses tersebut berkaitan dengan hubungan
jangka panjang dengan pelanggan dan dengan memastikan bahwa pelanggan senang
dengan apa yang disampaikan. Fokus SLM adalah Pada perjanjian tempa dengan
pelanggan pada tingkat layanan yang akan diberikan untuk layanan tertentu dan,
dengan memastikan tingkat layanan ini terpenuhi, pada pencapaian tingkat
kepuasan pelanggan yang dapat diterima. Ini berarti memastikan bahwa semua
proses SM, mendasari kontrak dan perjanjian tingkat operasional mendukung
pencapaian SLA.Berikut tugas dan persamaan BRM DAN SLM:
BRM adalah untuk membangun dan mempertahankan hubungan
yang efektif, produktif antara pelanggan dan penyedia layanan, didirikan pada
pemahaman dari pelanggan dan kebutuhan bisnis. Ini berarti lebih dari bereaksi
terhadap kebutuhan pelanggan baru. Hal ini lebih mendalam daripada ini. Ini
adalah tentang memahami pelanggan, strategi dan bisnis driver yang cukup untuk
dapat antisipasi dan mempengaruhi kebutuhan pelanggan seperti keadaan berubah.
Seperti ITIL menempatkan "manajemen hubungan bisnis adalah proses yang
memungkinkan manajer hubungan bisnis untuk menyediakan link antara penyedia
layanan dan pelanggan pada tingkat strategis dan taktis." Pelanggan dan
penyedia akan memiliki kepentingan bersama dalam memastikan bahwa pelanggan memahami
nilai penawaran layanan dan memiliki harapan yang realistis dari mereka. Untuk
hubungan seperti itu untuk bekerja di sana harus ada komitmen, kepercayaan,
keterbukaan dan kejujuran di kedua sisi, dan pada kali ini akan memerlukan
penyedia layanan untuk terbuka dan jujur tentang pelanggan, misalnya
dalam kaitannya dengan kewajiban pelanggan telah gagal memenuhi.
BRM harus mencapai sejumlah tujuan jika hubungan itu
untuk menyampaikan. Ini harus jelas didasarkan pada pemahaman yang memadai
tentang pelanggan sehingga penyedia layanan dapat mengembangkan kemampuan dan
sumber daya untuk merespon dalam jangka waktu yang dapat diterima untuk
perubahan kebutuhan pelanggan dan prioritas pelanggan, dan, jika relevan, untuk
membantu pelanggan mengembangkan persyaratan baru dalam balasan. Penyedia
layanan akan dapat mengantisipasi, setidaknya, bagaimana kebutuhan pelanggan
dapat berubah sesuai keadaan, mengidentifikasi bagaimana adanya layanan baru
atau layanan yang diubah atau adanya teknologi baru yang mungkin bisa membantu
pelanggan merespon secara efektif, untuk mengubah atau meningkatkan kinerja
pelayanan penyedia layanan. Keselarasan antara pelanggan dan penyedia layanan,
dan wawasan ini memberikan penyedia layanan, akan memungkinkan penyedia layanan
untuk mengidentifikasi konflik nyata atau potensial antara bagian yang berbeda
dari organisasi pelanggan sendiri dan membantu menyelesaikan atau
menanggulanginya. BRM menempatkan tuntutan pada kedua penyedia layanan dan
pelanggan. BRM harus terus menunjukkan nilai hubungan tidak hanya melalui
memenuhi tujuan yang dibahas di atas, tetapi juga dengan memastikan bahwa
penyedia layanan memenuhi kewajibannya untuk kinerja pelayanan dan kualitas,
mencapai tingkat tinggi kepuasan pelanggan dalam proses, antara lain dengan memberikan
respon yang efektif terhadap pujian dan keluhan.
Kegiatan utama dari BRM:
Untuk memahami
pelanggan dan tujuan bisnis dan bagaimana mewujudkan persyaratan layanan;
Untuk membantu pelanggan
merumuskan persyaratan untuk layanan baru dan mengembangkan kasus bisnis
pelanggan untuk investasi di dalamnya;
Untuk mengidentifikasi perubahan
yang dapat mempengaruhi pelanggan menggunakan atau persyaratan untuk
layanan;
Untuk mengidentifikasi
perkembangan teknologi dan hal-hal terkait yang dapat memberikan kesempatan
bagi layanan yang lebih baik atau biaya yang lebih rendah bagi pelanggan;
Untuk memastikan bahwa pengiriman dan penyelenggaraan jasa, termasuk,
misalnya, transisi ke dalam operasi penuh, terus mengenali dan memenuhi
kebutuhan bisnis pelanggan;
Untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dengan proses BRM dan kinerja
penyedia layanan secara keseluruhan;
Untuk berurusan dengan laporan layanan, keluhan, komentar dan umpan balik
lain untuk menjamin penyediaan efektif dan perbaikan berkesinambungan dari
layanan yang diberikan.
HUBUNGAN DENGAN PROSES MANAJEMEN LAYANAN
LAINNYA
Pentingnya untuk BRM portofolio
pelanggan dan portofolio perjanjian pelanggan dibahas sebelumnya dalam bab ini.
Selain ini, BRM memanfaatkan berikut:
Portofolio layanan IT : ini digunakan oleh BRM untuk merekam informasi
tentang kesempatan baru bagi pelanggan BRM, sebagai sumber informasi tion untuk
membantu BRM mengevaluasi layanan baru atau diubah dan untuk melacak kemajuan
dan status perkembangan layanan bagi pelanggan.
Portofolio Proyek: ini memberikan informasi lebih detail tentang status
proyek direncanakan atau sedang berlangsung sehubungan dengan layanan baru atau
diubah untuk pelanggan.
Portofolio Aplikasi: ini memberikan informasi tentang ada applications IT,
fungsi yang mereka berikan, orang-orang yang mengembangkan mereka dan
orang-orang yang mendukung dan mengelolanya. Layanan Manajemen Portofolio
BRM akan bekerja sama dengan manajemen portofolio
layanan, menggunakan informasi yang diadakan di portofolio layanan untuk
mengidentifikasi cara terbaik untuk memanfaatkan penawaran layanan yang ada
atau memanfaatkan perkembangan di dalam pipa untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan. Di mana portofolio layanan yang ada secara tidak mampu memenuhi
kebutuhan pelanggan, maka akan diperlukan untuk mengembangkan penawaran layanan
baru. BRM akan bekerja dengan pelanggan untuk mengartikulasikan kebutuhan
strategis dan hasil yang diinginkan, menentukan pola aktivitas bisnis,
mengidentifikasi stakeholder, mengembangkan kasus bisnis dan memastikan bahwa
dana yang memadai tersedia. Ini akan bekerja dengan manajemen portofolio
layanan internal untuk menentukan apakah penyedia layanan memiliki sumber daya
dan kemampuan untuk menyampaikan.
Ketersediaan, Kapasitas, Manajemen
Tingkat Pelayanan dan Kesinambungan Layanan IT
BRM perlu bekerja sama dengan tim desain layanan untuk
memastikan bahwa layanan yang dirancang terus memberikan utilitas didefinisikan
dan garansi, bekerja sama dengan tim proyek untuk memperjelas atau memperluas
persyaratan dan menyelesaikan konflik. Selama tahap ini BRM akan bekerja dengan
ketersediaan dan kapasitas manajemen untuk membantu mereka memahami apa yang
pelanggan membutuhkan dan mengapa, terus bekerja dengan pelanggan untuk
mengembangkan dan memperbaiki pola aktivitas bisnis dan untuk mengartikulasikan
dan menyetujui persyaratan untuk pemulihan bencana / kelangsungan bisnis.
Bekerja bersama manajemen tingkat layanan, BRM juga akan berperan dalam
pengembangan perjanjian tingkat layanan dan mendapatkan komitmen dari pelanggan
untuk proses SLM. BRM memiliki peran penting untuk bermain dalam memastikan
persyaratan pelanggan untuk kelangsungan bisnis yang benar dipahami dan
dimasukkan ke dalam IT Service Continuity Management.
Manajemen perubahan, perencanaan
transisi dan dukungan, manajemen pengetahuan, dan melepaskan dan manajemen
penyebaran
BRM akan memastikan bahwa permintaan perubahan
disampaikan atas nama pelanggan dan bahwa kepentingan pelanggan sepenuhnya
terwakili dalam proses manajemen perubahan. BRM juga akan terlibat dalam
memastikan pelanggan di negara yang cukup kesiapan untuk menerima layanan baru,
tidak hanya dalam hal menyetujui dan mengvalidasi rencana tes penerimaan
pengguna dan kriteria dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk
melakukan tes, tetapi juga di hal membuat perubahan yang diperlukan untuk
proses dan prosedur melalui manajemen perubahan bisnis. Ini akan terlibat
dengan pelanggan dalam mengembangkan rencana pelatihan dan pendidikan, dan
termasuk pelanggan dalam pengembangan rencana pengelolaan pengetahuan. BRM juga
akan bekerja dengan pelanggan dalam kaitannya untuk melepaskan dan manajemen
penyebaran untuk memastikan bahwa pelanggan memahami rilis dan penyebaran
rencana, dampaknya terhadap operasi-operasi dan risiko yang terkait. BRM akan
perlu mengkonfirmasi bahwa ada cukup 'ditayangkan' dan dukungan awal kehidupan
di tempat, pelatihan yang telah cukup dan cocok untuk tujuan dan bahwa
pelanggan memiliki informasi lengkap tentang kesalahan dikenal dan memahami
berdiri bagaimana ini dapat mempengaruhi pengoperasian layanan baru.
Peningkatan Pelayanan Terus-Menerus
Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan kegiatan utama
untuk BRM seluruh siklus hidup. Pelanggan pengukuran kepuasan, manajemen
tingkat layanan dan proses perbaikan tujuh langkah semua akan mengidentifikasi
peluang untuk layanan baikan ment, seperti yang akan pertemuan antara pelanggan
dan BRM untuk meninjau laporan layanan. Diskusi pada tingkat strategis yang
lebih akan mengidentifikasi daerah-daerah di mana layanan perlu dimodifikasi,
diganti atau dihentikan dalam menanggapi driver perubahan eksternal, seperti
undang-undang baru dan peraturan, mengembangkan kompetisi atau berbagai kondisi
ekonomi.
Manajemen keuangan untuk layanan TI
BRM membantu manajemen keuangan untuk layanan TI untuk
memahami bagaimana pelanggan menilai nilai yang mereka dapatkan dari layanan TI
dan apa yang mereka siap untuk membayar untuk mereka. BRM membantu pelanggan
memahami kebijakan penyedia layanan TI keuangan, biaya, risiko dan isu-isu
lainnya, dan menjelaskan bagaimana biaya penyedia layanan diterjemahkan ke
dalam biaya pelanggan. Kritis, BRM dapat membantu pelanggan memahami implikasi
keuangan dari keputusan perencanaan jangka panjang.
Metrik
Kinerja BRM diukur dalam kaitannya dengan kegiatan utama dan indikator kinerja utama mencerminkan ini:
Kinerja BRM diukur dalam kaitannya dengan kegiatan utama dan indikator kinerja utama mencerminkan ini:
-Dokumentasi tujuan bisnis pelanggan dan hasil bisnis yang diinginkan setuju
dengan pelanggan dan cocok untuk masukan ke dalam portofolio layanan.
-Selesai dan menandatangani-off persyaratan untuk layanan baru dan kasus
bisnis pelanggan untuk penggunaannya.
-Didokumentasikan bukti identifikasi perubahan yang mungkin berdampak pada
layanan ered telah dijalankan dan respon penyedia layanan untuk mereka.
-Peluang untuk mengeksploitasi perkembangan teknologi baru dan inovasi
lainnya diidentifikasi, dinilai bekerja sama dengan pelanggan, didokumentasikan
dan dicatat dalam portofolio layanan.
-Dokumentasi bukti bahwa disampaikan layanan secara efektif dan efisien
memenuhi kebutuhan pelanggan.
-penilaian Regular kepuasan pelanggan menunjukkan tingkat tinggi duduk-
isfaction, misalnya, melalui bisnis yang berulang dan rekomendasi positif
kepada pelanggan potensial lainnya.
-bukti terdokumentasi bahwa peningkatan pelayanan yang terus-menerus dicapai
dalam menanggapi dan melalui analisis laporan layanan, keluhan, komentar dan
umpan balik lainnya.
PERAN
Peran dalam BRM, yang mungkin atau mungkin
tidak ditugaskan untuk satu orang, adalah pemilik proses hubungan bisnis dan
manajer proses hubungan bisnis. Yang pertama adalah bertanggung jawab untuk
kinerja yang tepat dari proses BRM dalam kaitannya dengan tujuan dan kebijakan
yang disepakati dan standar untuk kegiatan operasi nya. Kedua dari dua peran
ini prihatin dengan manajemen operasional proses BRM. Apakah sesuai untuk dua
peran ini harus digabungkan dalam satu orang tergantung pada skala organisasi
dan struktur dalam kaitannya dengan proses SM lainnya. organisasi penyedia
layanan yang lebih besar mungkin memiliki beberapa manajer hubungan bisnis,
mungkin digambarkan sebagai manajer account, yang akan melaporkan kepada
manajer proses BRM dan memiliki tanggung jawab untuk pelanggan utama tunggal
atau untuk kelompok pelanggan.
Manajemen
tingkat layanan (SLM) ada untuk memastikan bahwa layanan sepenuhnya sesuai
dengan kebutuhan bisnis dan memenuhi persyaratan pelanggan untuk
fungsionalitas, ketersediaan, dan kinerja. Tujuannya adalah untuk memastikan
bahwa tingkat layanan dinegosiasikan dan disepakati dengan pelanggan dan semua
layanan dikirim ke tingkat layanan yang disepakati yang ditentukan dalam hal
indikator kinerja yang disepakati. SLM juga harus memastikan bahwa layanan
terus ditingkatkan di mana perbaikan diperlukan oleh pelanggan dan dapat
dibenarkan dalam hal biaya mereka.
SLM
adalah pengurus hubungan antara penyedia layanan TI dan pelanggannya dan
bertanggung jawab kepada pengguna atas layanan yang diberikan.
Aktivitas
utama SLM adalah:
·
untuk mengembangkan dan menegosiasikan
SLA dengan pelanggan;
·
untuk memastikan SLA didukung oleh
perjanjian internal (OLA) dan eksternal (UCs) yang mendukung pencapaian tingkat
layanan yang disepakati;
·
untuk bertindak sebagai jembatan antara
penyedia layanan TI dan bisnis;
·
untuk mengelola dan memelihara hubungan
yang positif dan konstruktif dengan pelanggan. Sebagai antarmuka utama antara
TI dan bisnis, harus selalu diperbarui dengan semua perkembangan yang relevan.
SLM
membantu TI menjadi lebih profesional, konsisten dan produktif dalam
hubungannya dengan pelanggan, menciptakan dan menjaga jalur komunikasi yang
efektif. Ini memastikan TI berfokus pada apa yang paling penting bagi pelanggan
dan bisnis dan membantu TI untuk memberikan nilai yang lebih baik untuk uang.
Ini
memastikan layanan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, memberikan dasar yang
jelas untuk pengiriman layanan termasuk definisi peran dan tanggung jawab untuk
kedua belah pihak, memberikan target yang terukur dan dapat dicapai untuk
penyediaan layanan, membantu membangun pemahaman bersama yang lebih baik dan
membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan layanan TI.
MAKSUD
DAN TUJUAN
Manajemen
tingkat layanan ada untuk memastikan bahwa layanan sepenuhnya sesuai dengan
kebutuhan bisnis dan memenuhi persyaratan pelanggan untuk fungsionalitas,
ketersediaan dan kinerja. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tingkat
layanan dinegosiasikan dan disepakati dengan pelanggan dan semua layanan
dikirim ke tingkat layanan yang disepakati yang ditentukan dalam hal indikator
kinerja yang disepakati. SLM juga harus memastikan bahwa layanan terus
ditingkatkan di mana perbaikan diperlukan oleh pelanggan dan dapat dibenarkan
dalam hal biaya mereka.
SLM
sangat penting untuk peningkatan layanan berkelanjutan (CSI). Tujuan SLM adalah
untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan TI dengan proses
berkelanjutan untuk menyetujui, memantau dan melaporkan pencapaian layanan TI
dan memulai tindakan korektif di mana ada kasus bisnis untuk melakukannya dan
bisnis setuju bahwa tindakan harus diambil. SLM mendukung proses peningkatan
tujuh langkah karena SLM menentukan apa yang harus diukur, dipantau dan
dilaporkan. Ia bekerja dengan bisnis dan pelanggan untuk menyetujui persyaratan
baru dan mengidentifikasi peluang dan prioritas peningkatan layanan. Informasi
dan kegiatan yang dikendarai ini merupakan bagian penting dari CSI.
Tujuan
dari proses SLM adalah untuk memastikan bahwa semua layanan yang disampaikan
dipantau dan diukur berdasarkan tingkat layanan yang disepakati dan bahwa
hasilnya, yang dinyatakan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dilaporkan secara
teratur kepada bisnis dan pelanggan.
Tujuan
dari SLM adalah:
·
untuk
membangun dan mempertahankan hubungan yang efektif dan produktif dengan
pelanggan;
untuk
menetapkan dan setuju dengan pelanggan tingkat layanan TI yang diperlukan
dengan cara yang dipahami pelanggan;
·
untuk mengelola kinerja layanan untuk
memastikan tingkat yang disetujui tercapai dan bahwa pelanggan senang dengan
apa yang mereka terima;
·
untuk memastikan sistem diterapkan
secara berkesinambungan untuk meningkatkan tingkat layanan jika organisasi
menginginkannya dan biayanya dapat dibenarkan dan terjangkau.
HUBUNGAN
DENGAN PROSES MANAJEMEN LAYANAN LAINNYA
Manajemen
tingkat layanan berinteraksi dengan dan ke tingkat tergantung pada semua proses
manajemen layanan lainnya. Beberapa hubungan ini lebih penting daripada yang
lain, tetapi SLM tidak dapat memberikan potensi maksimalnya kecuali semua
proses SM sepenuhnya dilaksanakan dan efektif.
Meja
layanan dan manajemen insiden
Ada
hubungan kunci dengan meja layanan dan manajemen insiden, yang, dalam upaya
untuk memulihkan layanan secepat mungkin setelah insiden, langsung mendukung
pengiriman tingkat layanan yang telah dilakukan oleh SLM atas nama penyedia TI.
Manajemen
masalah
Manajemen
masalah memiliki peran yang jelas dalam menangani, baik secara reaktif maupun
proaktif, dengan masalah yang mungkin menimbulkan insiden yang merusak
pengiriman layanan.
Ubah
manajemen
Manajemen
perubahan yang efektif jelas penting untuk mempertahankan tingkat layanan
karena perubahan yang dikelola dengan buruk dan tidak terencana dapat
menyebabkan gangguan layanan dan kegagalan untuk mencapai SLA.
Manajemen
rilis
Manajemen
rilis suara meminimalkan gangguan layanan, memastikan rilis dikerahkan pada
waktu yang sesuai dengan pelanggan dan meminimalkan insiden karena rilis yang
dikelola dengan buruk atau kurang dipahami.
Koordinasi
desain
SLM
mendukung koordinasi desain dengan mengembangkan dan menyetujui persyaratan
tingkat layanan dan target layanan yang perlu dimasukkan ke dalam desain
layanan baru atau yang diubah.
Proses
lainnya
Semua
proses akan melaporkan kepada SLM mengenai masalah, peluang, dan kinerja,
sehingga mendukung SLM dalam ulasannya dengan pelanggan.
Manajemen
ketersediaan, manajemen kapasitas dan manajemen kontinuitas layanan terkait
dengan memastikan bahwa layanan terus memberikan tingkat layanan yang termasuk
dalam SLA yang relevan. SLM, sebagai kontak utama dengan pelanggan, akan
memberikan informasi tentang tingkat layanan yang diperlukan dan perubahan yang
akan terjadi pada bisnis. Sebagai imbalannya, proses ini akan melaporkan kepada
SLM tentang kinerja dan membuat proposal untuk peningkatan layanan.
PERAN
Peran
kunci dalam SLM adalah manajer tingkat layanan, yang memiliki tanggung jawab
untuk mengarahkan dan mengelola proses SLM. Manajer tingkat layanan akan
memiliki tanggung jawab untuk kerangka kerja dan struktur SLA dan untuk
hubungan keseluruhan antara penyedia layanan TI dan pelanggannya serta dengan
bisnis. SLM akan memiliki tanggung jawab dan akuntabilitas keseluruhan untuk
keberhasilan proses SLM.
Dalam
organisasi yang lebih kecil, manajer tingkat layanan mungkin akan terlibat
secara pribadi dalam mengembangkan, menegosiasikan, menyetujui dan melaporkan
SLA individual, dalam negosiasi OLA dan berhubungan dengan manajemen pemasok
dalam kaitannya dengan UCs untuk memastikan bahwa ini selaras dengan target
tingkat layanan yang disepakati. Dalam organisasi yang lebih besar, beberapa
peran ini akan didelegasikan kepada staf manajemen tingkat layanan.
Pemilik
layanan adalah peran penting SLM dengan tanggung jawab untuk memastikan bahwa
layanan atau kelompok layanan tertentu dikirimkan ke tingkat layanan yang
disepakati dan memiliki tanggung jawab untuk peningkatan layanan berkelanjutan
dan mengelola perubahan untuk layanannya. Pemilik layanan mewakili layanan
dalam organisasi, memastikan informasi dalam katalog layanan benar dan
bertindak sebagai titik pelolosan untuk insiden besar dan fokus untuk
peningkatan layanan. Pemilik layanan memiliki peran dalam mendefinisikan target
layanan, akan berpartisipasi dalam pertemuan peninjauan layanan dengan bisnis
dan dengan TI dan mengambil bagian dalam negosiasi SLA dan OLA.
Persamaan
BRM DAN SLM
Meskipun
bukan bagian dari SLM, penting untuk menyebutkan manajemen hubungan bisnis
(BRM) dalam konteks ini. Sama dengan SLM, BRM bertanggung jawab untuk menjaga
hubungan yang efektif dengan manajer bisnis dan bisnis. BRM ditugaskan untuk
memastikan penyedia layanan TI memenuhi seluruh kebutuhan bisnis dan akibatnya
memiliki peran dalam manajemen portofolio layanan. Untuk SLM, memenuhi target
tingkat layanan adalah ukuran seberapa baik penyedia layanan TI memenuhi
kebutuhan bisnis.
Mengingat
bahwa ada begitu banyak kesamaan antara SLM dan BRM, peran-peran ini sering
dikombinasikan untuk membawa aliran utama dari manajemen hubungan bersama-sama.
Analis
pelaporan adalah peran kunci CSI yang tidak sepenuhnya bagian dari SLM. Namun
demikian, analis pelaporan, yang meninjau dan menganalisis data untuk menilai
pencapaian layanan akhir-ke-ujung, mengidentifikasi tren positif atau negatif,
akan sering bekerja erat dengan SLM.
SUMBER:https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_teknologi_bisnis
BookofITServiceManagement
BookofITServiceManagement
Tidak ada komentar:
Posting Komentar